Askep Tn. S. Dengan Sifilis


Tuan S. berumur 37 tahun mengatakan nyeri pada daerah genitalia dari semenjak 2 bulan terakhir. Rasa nyeri  bertambah parah setelah  beraktivitas dan pada saat malam hari. Tuan S juga mengeluhkan gejala-gejala flu, seperti demam dan pegal-pegal, serta kemerahan pada kaki dan tangan. 
 
Tuan S. bekerja sebagai wiraswastawan dan sering bepergian ke luar kota dalam jangka waktu yang lama, berpisah dengan anak dan istrinya. Tn. S kadang-kadang memenuhi kebutuhan seksnya dengan pekerja seks komersial dan tidak suka menggunakan kondom karena tidak nyaman. Tn. D juga masih tetap melakukan hubungan seksual dengan istrinya apabila pulang.

Tn. S merasa cemas kalau dirinya mungkin  mengidap penyakit sifilis dan sebelumnya juga pernah menderita infeksi pada genitalia.  Tn. S mengakui tidak teratur minum obat karena lupa.  Tn. S juga khawatir menularkan penyakitnya kepada istrinya, serta merasa sangat bersalah.

Pemeriksaan tanda vital : TD = 120/90 mmHg, N = 88x/menit, RR = 22x/menit, suhu = 38o C. Pada pemeriksaan genitalia, pada daerah genitalia keadaannya tidak bersih terdapat luka kemerahan dan terdapat bintik bintik di daerah inguinal dan ditemukan adanya ulkus kemerahan pada  penis.