Revolusi Membaca


Bila anda hobi membaca dimanapun dan kapanpun anda berada, tentu sangat merepotkan kalau anda harus membawa beberapa buku, majalah, koran, tabloid, jurnal dan sebagainya dalam waktu yang bersamaan, seberapa besar tas yang anda perlukan?.. Tidak lama kemudian anda juga sudah harus berpikir untuk biaya pengobatan punggung dan pinggang anda yang terasa sakit akibat terlalu sering menanggung beban berat.. :-(..

Untungnya manusia adalah makhluk yang selalu berpikir untuk memudahkan segala urusannya sehingga anda tidak perlu membawa setumpuk buku, koran, majalah dan sebagainya kemanapun anda pergi karena saat ini buku sudah tersedia dalam bentuk digital atau yang disebut dengan ebook. Beberapa koran, majalah dan tabloidpun saat ini sudah tersedia di dunia maya (koran online) sehingga dapat diunduh kapanpun dan dimanapun anda berada. Perlahan tapi pasti, cara membaca pasti akan berubah.

eBook adalah adalah singkatan dari electronic book, sebuah file teks dalam format digital yang isinya sama atau setara dengan buku konvensional. Bahkan ada beberapa ebook yang juga dilengkapi suara penulisnya sehingga pembacanya seolah-olah berinteraksi langsung dengan penulis.

eBook
dapat diakses dan dibaca dengan menggunakan PC (personal computer), notebook, netbook atau UMPC (ultra mobile personal computer). Smartphone dan PDAphone yang dibekali dengan aplikasi office atau e-book reader pun bisa digunakan. Saat inipun sudah ada gadget atau perangkat khusus yang digunakan untuk membaca ebook yang disebut dengan e-reader atau ebook reader.

e-Reader pada umumnya dibuat dengan layar yang nyaman untuk membaca, media penyimpanan internal maupun eksternal, batere yang tahan lama, koneksi dengan internet dan lain-lain. Koneksi internet dibutuhkan untuk mengakses berbagai konten di dunia maya serta selalu mengupdate koleksi buku, artikel, koran, majalah dan sebagainya. Ada beberapa produsen yang sudah menyediakan e-reader, diantaranya adalah Sony dan Amazon.

Sony merencanakan menghadirkan Sony Reader Daily Edition Desember 2009 nanti. eReader ini dilengkapi koneksi 3G sehingga penggunanya dapat terhubungan dengan toko online penyedia ebook. Format file yang bisa dibaca adalah Adobe PDF, Microsoft Word dan beberapa file teks lainnya.

Di Amerika ada sebuah perangkat e-reader yang dikembangkan dan dipasarkan Amazon. Bentuknya mirip smartphone namun dengan ukuran yang lebih besar. Layarnya beresolusi tinggi dan jelas sehingga tampilannya tidak beda dari buku versi cetak. Penggunaannya juga sangat sederhana, tidak memerlukan bantuan komputer dan macam-macam kabel.

Memiliki e-reader membuat anda seolah memiliki perpustakaan berjalan karena perangkat ini mampu menampung jumlah buku yang banyak (lebih dari 200 buku, tergantung besar memori) dan mengakses berbagai berita tentang bisnis, teknologi, olah raga, hiburan dan politik yang selalu diupdate setiap saat.

Namun bila anda menghendaki satu perangkat yang dapat melakukan banyak hal, maka smartphone dan PDAphone bisa menjadi pilihan. smartphone dan PDAphone biasanya sudah dibekali dengan aplikasi office yang mendukung beberapa format ebook, kalaupun masih kurang anda bisa mencari software ebook readernya karena smartphone dan PDAphone dibekali dengan sistem operasi sehingga kita bisa menjejalkan beragam aplikasi. smartphone dan PDAphone dapat melakukan apa yang bisa dilakukan e-reader, tetapi kelemahannya layarnya kecil dan resolusinya pun tidak setinggi e-reader.

Berminat merubah cara baca?..


Sumber :

1. PC Mild, edisi 20/2009 tanggal 8-21 Oktober 2009
2. Intisari, edisi Bulan Oktober 2009
3. http://www.flickr.com/photos/mariagusa/2312753734/
4. http://gadgetell.com/images2007/11
5. http://cnet.com
6. http://amazon.com